Upaya Menciptakan Kinerja Puskesmas yang Baik dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Prima di Puskesmas Pandaan-Kabupaten Pasuruan

Skripsi Administrasi Negara
Disusun oleh: Panji Sasongko
Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Upaya menciptakan kinerja puskesmas yang baik dalam rangka peningkatan pelayanan prima di puskesmas Pandaan-kabupaten Pasuruan adalah Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan yang melakukan upaya menciptakan kinerja Puskesmas yang baik dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan. Untuk meningkatkan kinerjanya Puskesmas Pandaan menerapkan beberapa upaya khusus, dan menghasilkan beberapa prestasi yang membanggakan nama Puskesmas Pandaan, hingga Kabupaten Pasuruan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yang bertujuan menggambarkan fenomena-fenomena dilakukan oleh Puskesmas Pandaan untuk meningkatkan kinerja Puskesmasnya serta faktor yang penunjang dan penghambat dalam upaya peningkatan kinerjanya.

Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa upaya yang dilakukan Puskesmas Pandaan meliputi: Pembuatan struktur organisasi yang baru yang lebih efisien dan efektif, Pembuatan tupoksi pegawai, untuk setiap pegawai dan ditempelkan di ruang kerjanya, agar selalu ingat tugas-tugasnya, Membuat job description, dan ditempelkan di tembok ruang kerjanya untuk memastikan pemberian pelayanan sesuai dengan seharusnya dilakukan, Menerapkan Sistem Reward dan Punishment, memberikan Reward bagi pegawai berprestasi, dan jika terus meningkat diajukan untuk mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kemampuan kerjanya. Sanksi: bersifat sosial dengan diberitakan dalam rapat bulanan pegawai mana yang berhasil dan kurang berhasil/mengalami kendala dalam pelaksanaan tugasnya. Pelatihan BSC dan ISO untuk penerapan manajemen Puskesmas: manajemen Puskesmas menjadi lebih tertata, rapi, jelas dan memudahkan untuk berkoordinasi antar unit kerja dan perseorangan. Meningkatkan Sumber daya: Menanamkan komitmen pegawai, Pelatihan Pegawai, Pemberian kesempatan bagi pegawai untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, Merenovasi gedung, Pembelian dan penambahan fasilitas dan alat-alat kesehatan pasuruan.

No comments:

Post a Comment