Implementasi Program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pendidikan pada Sekolah Menengah Atas Negeri 15 Surabaya

Skripsi Administrasi Negara
Disusun oleh: Galih A. Wibowo
Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi program rintisan sekolah bertaraf internasional di sekolah menengah negeri 15 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah bagaimana usaha pemerintah indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di indonesia. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia tersebut adalah dengan mengembangkan program rintisan sekolah bertaraf internasional pada tingkat sekolah menengah atas. Diharapkan sekolah bertaraf internasional dapat mengangkat daya saing lulusan atau sumber daya manusia indonesia pada era globalisasi saat ini, baik untuk tenaga kerja maupun akses ke perguruan tinggi terkemuka di dalam maupun di luar negeri.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam berdasarkan pedoman wawancara, dokumen sebagai sumber data sekunder dan observasi. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive dan snowball. Untuk memeriksa keabsahan data digunakan triangulasi sumber data dengan membandingkan data hasil wawancara, hasil pengamatan dan dokumen yang ada. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam implementasi program rintisan sekolah bertaraf internasional di sekolah menengah negeri 15 Surabaya telah melaksanakan program sesuai dengan persyaratan atau kebijakan mutu yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat hambatan di antaranya yang paling menonjol adalah masih belum sempurnanya komunikasi bilingual dikarenakan masih ada tenaga pendidik di sekolah yang belum menguasai bahasa inggris dengan baik, hambatan ini sedikit banyak akan berpengaruh dalam proses belajar mengajar di kelas.

No comments:

Post a Comment