Penerapan Sistem Samsat Corner dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

Skripsi Administrasi Negara
Disusun oleh: Rendy A. Pradana
Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Saat ini membayar pajak Kendaraan Bermotor di Surabaya, lebih nyaman dan mudah. Karena saat ini sudah hadir Samsat Corner di Royal Plaza. Samsat Corner adalah pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor yang berada di pusat perbelanjaan, yang memiliki kemudahan-kemudahan yang tidak dapat dijumpai di kantor bersama Samsat. Munculnya Samsat Corner untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang menginginkan pelayanan yang cepat, mudah dan murah. Dengan adanya Samsat Corner ini dapat meningkatkan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai penerapan sistem Samsat Corner dalam rangka peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tipe penelitian deskriptif, lokasi penelitian berada di Royal Plaza Surabaya, karena merupakan lokasi yang pertama kali ada, atau sebagai pilot project. Informan terdiri dari Adminstrator Pelayanan, Petugas operator loket I dan II Samsat Corner dan wajib pajak pengguna layanan Samsat Corner. Teknik pengumpulan informan yang berasal dari pemberi pelayanan menggunakan Purposive Sampling, sedangkan informan yang berasal dari wajib pajak dengan menggunakan Accidental Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atau verifikasi.

No comments:

Post a Comment