Skripsi Administrasi Negara
Disusun oleh: Ari B. Prastyawan
Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik
Intisari:
Sesuai dengan amanat Peraturan Daerah Propinsi Jawa Timur No.11 Tahun
2005, telah dinyatakan bahwa seluruh instansi pemerintahan di tingkat Propinsi
Jawa Timur dalam memberikan pelayanan publiknya haruslah dilakukan secara
berkesinambungan yang seiring dengan perkembangan harapan publik dalam menuntut
untuk dilakukan peningkatan kualitas di bidang pelayanan publik. Sebagai upaya untuk
meningkatkan kualitas pelayanan publik tersebut, maka diharapkan adanya suatu
standar dan kriteria bagi penyelenggara pelayanan publik dalam memberikan
pelayanannya yang berkualitas kepada masyarakat sesuai dengan peraturan daerah
yang berlaku. Hal ini yang membuat Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan dan
Lalu Lintas Angkutan Jalan Propinsi Jawa Timur tetap menggunakan ISO 9001:2000
di dalam manajemen pelayanannya.
Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan metode penelitian
kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan
teknik wawancara mendalam. Selain itu, pengumpulan data juga menggunakan teknik
dokumentasi. Teknik penentuan informan, secara purposive yang selanjutnya
berkembang dengan teknik snowball. Sedangkan teknik pemeriksaan data melalui
triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah.
Hasil
temuan data di lapangan menunjukkan bahwa selama ini keempat klausul tersebut
dapat dijalankan dengan baik oleh Bidang Angkutan Jalan di Dinas Perhubungan dan
Lalu Lintas Angkutan Jalan Propinsi Jawa Timur, tetapi terdapat beberapa
kekurangan yang terdapat dalam melengkapi jalannya sebuah sistem manajemen
mutu. Hal ini dapat dilihat dari belum adanya kesadaran bagi Bidang Angkutan
Jalan dalam melakukan pelayanan dimana terjadi pengulangan permintaan data dan
juga terjadinya pengulangan pengecekan keabsahan data, kurangnya pengembangan sistem
manajemen informasi berupa suatu mekanisme on-line yang dapat digunakan dalam
penyampaian informasi, pengaduan dan juga transaksi penyelenggaraan pelayanan.
No comments:
Post a Comment