Efektivitas Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Skripsi Administrasi Negara
Disusun oleh: Agung G. Donoseputro
Universitas Airlangga
Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik

Intisari:

Kesehatan merupakan salah satu bidang pelayanan publik yang dalam penyelenggaraannya merupakan wewenang wajib Pemerintah Daerah. Seiring dengan ditetapkannya bidang kesehatan sebagai salah satu kewenangan wajib yang harus dilaksanakan oleh daerah, maka banyak daerah yang berusaha meningkatkan pelayanan di bidang tersebut. Kota Surabaya merupakan salah satu daerah yang berusaha untuk meningkatkan pelayanan di bidang kesehatan ini melalui pelayanan kesehatan di Puskesmas. Di wilayah kerja Puskesmas Jagir yaitu Kelurahan Sawonggaling, Darmo dan Jagir terdapat banyak pelayanan kesehatan lainnya seperti Rumah Sakit baik milik pemerintah maupun swasta, praktek dokter, praktek bidan dan apoteker, namun mengapa masyarakat di Kelurahan Sawonggaling, Darmo dan Jagir lebih memilih berobat di Puskesmas Jagir.

Untuk menjawab permasalahan penelitian, digunakan motode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Selain itu, pengumpulan data juga menggunakan teknik observasi serta dokumentasi. Teknik penentuan informan untuk pegawai Puskesmas, secara purposive yang selanjutnya berkembang dengan teknik snowball sedangkan untuk informan dari pasien menggunakan teknik sistematic random sampling. Proses analisis data dilakukan dengan mengelompokkan serta mengkombinasikan data yang diperoleh, dan juga menetapkan serangkaian hubungan keterkaitan antara data tersebut. Sedangkan validitas data diuji melalui triangulasi sumber data sehingga data yang disajikan merupakan data yang absah.

Berdasarkan temuan data di lapangan menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas Jagir dapat dikatakan sudah efektif. Hal ini dapat dilihat dalam proses pelayanan kesehatan kepada masyarakat sudah terdapat kesesuaian dengan standart pelayanan yang telah ditetapkan, dan pelayanan yang diberikan sudah sesuai dengan harapan masyarakat. Namun dalam mengenai sumber daya staf yang dimiliki oleh Puskesmas Jagir masih dirasa kurang, melihat beban kerja yang cukup banyak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah Puskesmas Jagir sebagai pemberi pelayanan kesehatan bagi masyarakat telah menjadikan pelayanan kesehatan yang lebih kompleks dan spesifik sesuai dengan kecenderungan masalah kesehatan di Kelurahan Jagir, Kelurahan Darmo dan Kelurahan Sawonggaling.

No comments:

Post a Comment